Kamis, 03 Desember 2009

Pencarian

=============================================================

( ceritanya) kata pengantar

pengakuan dulu deh,ini sebenernya cerpen pertama gw dan sebenernya lagi ini juga gara2 tugas kuliah creative writing. nulis cerita sih sebenernya udah lumayan sering, dulu sering iseng2 bikin komik dan sempat melanjutkan ke bidang yg berhubungan dengan itu dikuliah, tapi apa daya saya buta warna!! uuuyeee...gw gak nyerah tapi, gw coba menuangkan lewat tulisan jadinya. tema cerpennya? komedi cinta2an dulu deh, yg lebih gampang, universal, dan menjual (halah). berhubung juga perasaan akhir2 ini lagi kebelet pengen punya pacar jadinya bikin cerita yang berhubungan dengan itu lah, tapi dengan gaya nulis gw sendiri, sdikit mirip2 aditya mulya (jomblo) atau raditya dika (kambingjantan) mungkin. alhamdulilah kalo ada yg mau baca...pengakuan lagi deh, tulisan gw ini juga udah dibredel berapa kali sama dosen gw akibat bahasa indonesia yang buruk sama kadang gw masukin khayalan2 aneh guaa..payah deh nih dosen ga tau gaya nulis anak jaman sekarang! okay selamat membaca!!

=============================================================


Pencarian Jojo

cinta kemana aku harus mencari

bagian diriku yang telah hilang

telah membeku

seperti tak bersisa

cinta apakah aku harus tetap mencari

semua yang seharusnya kuberikan

kupersembahkan kepada yang tercinta..

suara mp3 dari hape jojo terdengar keras, itu pun masih belum bisa membangkitkan semangat dalam dirinya hari ini. Maklum penyakit remaja labil yang sudah kelamaan tidak disentuh wanita.

Hari ini rutinitasnya yang seperti biasa, bangun kesiangan, buang air besar, kuliah (sambil tidur juga), pulang, makan,buang besar lagi, terus tidur lagi. Tapi pagi ini salah satu rutinitasnya agak terganggu karena dia harus berangkat lebih awal karena salah satu teman sekelasnya si Alfi ban motornya bocor.

“ibu-ibu,bapak-bapak,siapa yang punya anak bilang akuuu…” bunyi nada sambung telepon genggam si Alfi.

”heh dimana lu Fi? Nyusahin aja lu!”

”gue di depan komplek lu jo..sori men..”

”wah gigi kuda lo Fi, nyusahin sumpah deh..males gue ah”

”traktir nasi goreng deh...”

”oke! Capcus...”

Yaah..tapi si Jojo selalu memegang prinsip selalu membantu teman yang kesusahan dengan senang hati kalau ditraktir nasi goreng. Walaupun sebenarnya untuk membantu temannya tanpa nasi goreng sogokan itu pun Jojo juga pasti mau bantu.

Diperjalanan menuju kampus setelah menjemput temannya yang nyusahin itu, si Jojo cuma bisa diam tanpa kata aja. Dia masih kebawa lamunannya semalam. Baru pertama kali dia merasakan sendirian di dunia yang udah sempit, ramai, jorok, dan bau juga. menjadi mahasiswa ternyata banyak merubah dunianya, semua terlihat begitu sepi, sepi dalam arti hampir semua keputusan ada ditangan kita sendiri. Berbeda saat di SMA, semua masih bisa dibantu, tinggalnya pun masih bersama orangtua. Semua hanya minta ini itu selesai. Sekarang semua jauh dari orangtua, sebenernya walaupun Jojo masih bisa pulang kerumahnya tapi semuanya masih belum cukup, orangtuanya sudah bercerai dari dia SMP. Sebuah trauma yang menyebabkan arti kata ”pulang ke rumah” menjadi hal yang kurang mengenakan, ditambah lagi baru aja si Jojo putus sama pacarnya yang sudah berhubungan sejak 3 tahun yang lalu, masih perlu adaptasi buat Jojo untuk kehilangan seseorang yang sering membantunya dalam banyak hal, semua jadi terasa putih mungkin buat Jojo, putih yang harus dimulai kembali dari awal. Mungkin itu hanya salah satu renungan remaja yang sedang menuju kedewasaan.

”nyet..bengong aja lo! Kenape sih? Tadi pagi boker lo gak tuntas lagi?”

”ah lo lagi Fi, sotoy dot com!!” sahut Jojo sambil jedotin helm bututnya ke kepala si Alfi.

”aduduh..gak pake jedot-jedotin kepala dong ah! Masih inget si mantan ya??”

”nih orang pake sotoy episode kedua lagi, udah ah gue lagi pusing mikirin tugas, banyak banget! Mana beranekaragam begitu!”

”hahaha! Bahasa lo kocak coy! Iya nih gw juga pusing! Tugas silih berganti.”

Sesampai di kampus Universitas Mercusuar Nusantara, seperti layaknya mahasiswa jurusan DKV, mereka berdua tergopoh-gopoh berlari dengan prakarya-prakarya tugas kuliah karena waktu kelas sudah masuk 15 menit. Mereka terlihat lebih mirip singa laut sirkus yang lagi lari-lari kejar-keajaran rebutan ikan tongkol daripada menjadi seorang mahasiswa yang sedang buru-buru masuk kelas.

”waduh Fi, kalo kita telat terus gini gak keren banget deh! Apalagi kalo keliatan si Alisia! Haduuh haduh.”

”ah elah lo Jo, cuek aja. Lagian emang lo udah kenalan sama si Alisia?”

”belom.”

”yeee, ya udah. Kaya peduli aja dia sama lo”

”ya takutnya Fi”

”ge er aja lo mah, berasa tenar aja. Eh, beli minum bentar di kantin.”

”ah gimana sih lo? Telat nih!”

Bukannya segera masuk kelas mereka malah nyangkut di kantin. Walaupun Jojo kurang rela, ternyata menemani Alfi minum di kantin malah jadi anugerah tersendiri.

”eh Jo, tuh si Alisia! Sendirian tuh!”

”mana? Mana? Subhanalloh.sungguh indah makhluk ciptaanmu yang satu ini ya Tuhan.”

”kenalan sana!”

”ogah ah, tatut!”

Bukannya mendekati Alisia, Jojo malah langsung jalan cepat menuju kelasnya.

”pagi Pak!”

”wah Jojo dan Alfi pagi sekali hari ini datangnya ya?”

”ehehe..iya Pak maap”

Itu termasuk rutinitas setiap pagi Jojo juga, mendapat sebuah ironi yang nyerempet sarkasme dari dosennya. Seperti biasa juga, sampai di kelas pun bukannya kuliah. Mungkin arti kuliah pun sudah bergeser menjadi numpang ngadem sambil dengerin bapak-bapak ngomong, kalau bisa malah numpang tidur juga.

”heh Jo! Tidur aja lo!” sapa teman sebelahnya si Heri.

”hah? Apa sih? lo gak liat muka gw?”

”kenapa muka lo? Mirip kuda nil? Emang laah!”

”yee, malah ngatain. Ngantuk coy!”

”ah lo mah kebiasaan deh. Eh, gue mau ingetin nih! Besok ngisi acara wakilin kampus di MTV Indonesia! Banyak-banyak istirahat lo, jangan begadang aja!”

Si Jojo walaupun fisiknya mirip badut taman mini, dia hobi banget main gitar. Saking jagonya, dia sering manggung di cafe-cafe.

”ah gue sebenernya lagi kurang mood nih.gue mau cuti dulu. Cuti hamil!”

”heh, ngaco! sok jual mahal lagi. Masuk tv besok woy! Kapan lagi coba?”

”halah, iya-iya.”

”eh bau busuk apa nih ya Jo?”

”oh, itu kentut gue.sori”

Si Heri memang termasuk teman si Jojo yang cukup cerewet bin bawel, selalu berusaha ingetin ini itu, atau kadang sok memberi nasehat ke teman-temannya, dan yang paling penting dia itu wanita. Nama panjangnya adalah Heriwati Sumartiningsih. Aneh ya? Emang.

Euforia Kosong

Seminggu Kemudian...

”Jojo!! gilee! Minggu ini tuh minggu lo banget deh, selamat ya Bro” teriak si Heri.

”hehehe, makasih ya!”

”kayanya temen kita ada yang makin tenar nih! Udah kenalan blom sama Alisia?” Iman ikutan nimbrung bersama Alfi. ”mana berani dia man, gw tari perut sambil handstand deh kalo si Jojo bisa ngobrol aja deh sama Alisia!” Alfi menimpali.

”gw pegang janji lo ya Fi!” Heri tertarik dengan sumpah yang diucapkan Alfi.

”Iya pasti gw pegang janji gw! Apalgi kalo sampe jadian, sambil bugil gw berani!! Hahaha!”

Seminggu ini memang udah jadi sebuah euforia tersendiri buat Jojo. Semua terlihat sempurna. Konsernya yang untuk mewakili kampus sukses besar. Sampai ada produser yang meminta dia untuk masuk dalam sebuah label. Ditambah lagi pengumumman nilai UASnya juga memuaskan. Biasanya Cuma bisa dapet IP kisaran 1,5-2,5 sekarang dia berhasil dapet IP 3,8. sejarah dunia pun mencatat ada makhluk yang dengan kecerdasan serupa dengan ikan pesut itu bisa dapet IP diatas 3. Di kampus si Jojo juga mulai dikenal banyak dosen. Semua bangga padanya. Teman-temannya juga langsung minta jatah traktiran dari hasil honornya.

”waduh Jo! Makasih banget nih. Emang paling enak tuh makan bareng lo deh Jo! Hahahaha” kata si Alfi dengan muka berbinar-binar dan bercahaya.

”iya emang enak, soalnya gratis!” jitak si Jojo ke si Alfi.

”gw nambah ya! Sekalian bungkus buat sarapan besok ya Jo!” tanya teman sekelasnya yang paling rakus si Iman.

”wah, lo mah perampokan Man!! Kejam!!!” teriak si Jojo.

Semua terlihat dalam keadaan gembira. Tapi ada yang mengganjal buat Jojo. Semua kebanggaan, kegembiraan, kesuksesan yang dia terima cuma seperti kepuasan yang kosong. Dia merasakan senang, tapi tidak bisa menikmatinya, dengan bersama teman-temannya biasanya semua jadi lebih baik, seperti saat dia putus dengan pacarnya, atau saat dia kecewa dengan orangtuanya. Semua temannya dapat mengubah semua rasa sendiri dan sedihnya menjadi tawa dengan candaan-candaan khas yang biasa dilakukan bersama-sama. Tapi kali ini beda, bersama teman-temannya pun masih terasa sangat kosong. Kegembiraan yang tidak bisa dinikmati. Aneh.

Ada yang bilang bahwa ”happiness is real when it shared”. Ternyata kalimat itu tidak berfungsi saat ini. “pasti ada yang salah.” Bisik Jojo di dalam hatinya.

Komunikasi Intrapersonal

Jojo baru pulang dari kegiatan rutinnya akhir bulan ini. Selalu pulang ke kosan diatas jam 8 malam untuk mengisi acara di kampusnya atau part time di sebuah cafĂ© untuk menjadi home band. Terlalu lelah tubuh Jojo. “haduh kayanya tulang gue mulai lepas-lepas nih. Cape banget! Cari nasi goreng ah di luar”.

Di luar rumah angin sudah mulai lebay. “wah mau ujan nih, cuek ah”. Demi nasi goreng pun si Jojo rela buat angin-anginnan. Padahal walaupun kulit perutnya cukup tebal tapi pori-pori kulitnya juga longgar, jadi ya sering masuk angin.

Belum sampai ke tempat nasi goreng hujan udah keburu deras.

Zress!! ”hadoh nih ujan gak tau orang laper apa ya? Bisa kurus mendadak nih gue! Ya udah lah. Tungguin aja.” akhirnya si Jojo berteduh di pos satpam yang terdekat.

5 menit, ”masih deres banget ini, bentar lagi paling.” kata si Jojo.

15 menit, ”haduh, laper, mana sendirian pula, sabar deh..”

20 menit, ”ini kayanya lama juga ya”

30 menit, ”........” lemes kelaperan ditambah kedinginan dan bonus masuk angin.

1 jam kemudian, hujan masih deras. Jojo pun udah jadi lebih mirip patung selamat datang yang biasa ada di depan pintu hotel sambil bawa pentungan. Jongkok dan diam lemas. Dalam keadaan seperti itu Jojo pun berpikir tentang masalahnya, masalah tentang rasa kosong dalam kesuksesannya. Rasa senang tapi tidak bahagia. Apa yang sebsenarnya dia butuhkan? Apa yang harusnya dilakukan?

Sambil berpikir akhirnya Jojo pun tanpa sadar berjalan menerobos hujan. Dinginnya air hujan dicampur angin malam pun menjadi kurang terasa akibat kegiatan intrapersonal komunikasinya. Masih mencari jawaban yang pasti. Mencari..mencari..mencari...

Berputar-putar di dalam pikirannya sendiri. Badannya mulai basah kuyup, lapar perutnya pun kembali terasa, dan badannya pun menggigil.

”heh ngapain lo di situ? Gw kira penampakan siluman beruang.”

Tiba-tiba ada payung di atas kepala Jojo.

”gila ya lo? gw, Alfi, sama iman nyariin lo kemana-mana malah gentayangan disini. Lupa ya kita ada kerja kelompok? Payah deh”

”tau tuh, udah tau tugasnya besok dikumpulin,malah keluyuran.sakit jiwanya kambuh kali her? Hehehe.”

Celotehan teman-temannya berhasil mengembalikan kesadarannya ke dalam tubuhnya. Jojo tampak linglung setelah berkelana di dalam pikirannya sendiri.

”heh, lo kalo ada masalah cerita-cerita dong! Malah ujan-ujannan gini, gak ngajak-ngajak lagi.” kata si Heri dengan nada ngomel.”yaudah deh, kita ke warung nasi goreng depan situ aja dulu, dan lo cerita deh disitu! Wajib!”

Saat ini Jojo baru merasakan kehangatan, bukan kehangatan nasi goreng. Tapi kehangatan pertemanan. Keterbukaan dengan teman-temannya membuka hatinya, menyadari nikmatnya persahabatan. Mengingatkannya dengan rasa kebersamaan, tapi ada satu yang terlupakan. Tugas kelompok mereka.

Duet Maut

Tiga hari kemudian, weekend kali ini Jojo baru aja mendapat job untuk manggung di Lingos Caffe di Kemang, Jakarta. Semua sudah lebih baik setelah keterbukaannya. Walaupun masih ada sesuatu yang sedikit mengganjal.

”eh Jo si Beni gak bisa dateng dadakan nih, penyakit ambeyennya kambuh, jadi gak ada vokalisnya. Gimana kalo lo yang nyanyi Jo! Oke?”

”hah? Suara gw kan pas-pasan,her.kaga ah malu.”

”yang penting masih gak false, lo mau si Iman atau Alfi gw suruh nyanyi?”

”oke jangan, mereka berdua sama suara kentut gw aja masih merdu suara kentut gue kayanya deh. Tapi jangan gue dong.”

”udah yang paling bisa nyanyi Cuma lo sekarang, lagian katanya tadi ada vokalis dari caffenya mau bantuin lo nyanyi kalo mau. Gimana?”

”hiaah, yaudah lah. Tapi bener nih nanti ada yang nemenin gue?”

”Iya tenang!”

”Oke! Toss dulu ah her!”

Acara pun dimulai, Jojo sudah bersiap dengan microphone dan gitarnya. ”mana lagi nih vokalis yang bantuin gw?” kata si Jojo dalem hati. “Eh Jo, ntar vokalisnya naik panggung pas habis reff pertama biar seru. Jadi santai aja! Hehehe.” kata si Heri dari belakang panggung. ”Wafat deh gue, panik nih!” si Jojo ngebatin panik karena baru pertama kali nyanyi di depan banyak orang.

Intro tunjukan cintamu dari ran pun sudah dimulai dari gitar Jojo, kali ini berbeda. Biasanya dia bermain gitar dengan leluasanya dan Beni yang bernyanyi. Sekarang dia hanya sendiran memulai lagu. Terdengar lah suara dari si Jojo memulai bait-bait lagunya. Heri, Iman, dan Alfi pun kagum, orang yang biasanya dikira mirip jelmaan badut taman mini dan lebih sering bergaul dengan nasi goreng ternyata terlalu buruk jika suaranya dibilang sumbang, bahkan mungkin lebih bagus dari Beni vokalisnya.

Tunjukanlah rasa cintamu

Coba buat mereka tau

Betapa indahnya dunia bila engkau sedang jatuh cinta

Setelah bait refferen, tiba-tiba ada suara merdu yang menemani suara Jojo diatas panggung.

Berlarilah sekuat kau mampu

Jika kau ingin mendapatkan cintaku

Buktikan bila kau memang mau

Buat ku berikan cinta ini bersamamu

Jojo pun terperangah melihat sosok yang datang, vokalis itu ternyata Alisia. Heri pun dari kejauhan tersenyum karena rencana mengenalkan Jojo secara paksa dengan Alisia sukses. Alfi dan Iman pun juga hanya bisa mangap melihat kejadian itu. Tapi sebenarnya Alfi lah yang paling panik, karena membayangkan dirinya yang sudah bersumpah akan tari perut sambil handstand

Perasaan Jojo bercampur antara panik, senang, dan nahan buang air besar. Tapi akhirnya mereka berdua bisa menyelesaikan semua lagu yang dibawakan.

”Hai. Suara kamu bagus juga. Jojo ya anak DKV, aku sering liat kamu lari-lari kalo pagi. Telat masuk kelas mulu ya? hehehe” sapa Alisia.

Saat ini suara di tenggorakan Jojo sulit keluar, jantung berdetak lebih cepat lagi, dan sepertinya pankreas di dalam tubuh Jojo tidak berfungsi dengan baik akibat ”serangan” verbal yang diberikan Alisia yang tiba-tiba.

”Ha? Oh,hahhaha. Ii..iya hahaha.” jawab Jojo sekenanya gugup.

Keramahan Alisia membuat Jojo menjadi lebih rileks walaupun masih canggung. Ternyata Alisia diam-diam dalam hati juga mengagumi Jojo. Keakraban mereka berdua saat itu Cuma membuat semakin resah hati Alfi.

”Fi! Jadi pertunjukan sirkus gak? Sepertinya si Jojo sama Alisia udah akrab tuh” ledek Heri sambil senyum-senyum.

Sebulan kemudian..

”Ciee, pasangan baru nih! Traktirnya belom nih coy!” teriak si Iman kepada Jojo dan Alisia. ”Tau nih! Gw paling berjasa! Jadi gw mahalan traktirnya ya! Jangan Cuma nasi goreng!” celetuk si Heri. ”Hahaha iya iya! Buat Heri nanti lo gue traktir gak sekedar nasi goreng tapi jadi nasi goreng pake... telor!” jawab Jojo dengan penekanan pada kata telor.”Makasih ya temen-temen” sambung Alisia dengan lembut. ”Eh, si Alfi mana ya?” tanya Jojo. ”oh dia ga masuk dari kemaren, gara-gara takut disuruh bugil di kampus! Kemakan omongan sendiri dia.” mereka pun tertawa bersama.

Kebersamaan itu mengeluarkan Jojo dari kesendiriannya, kebahagiaannya sepertinya sudah lengkap, sekarang dia tidak hanya memiliki teman-teman untuk berbagi, tapi juga memiliki Alisia untuk menyalurkan rasa cintanya. Jojo pun mendapat jawabannya, the true happiness is real when it shared with someone you love.

Oleh As Safa Prasodjo, 08120110049.

1 komentar: